Tuesday, May 1, 2012

Evolusi Teori Manajemen


A.     Aliran Manajemen Ilmiah

·         F. W. Taylor
Menyarankan bahwa keputusan yang didasarkan pada aturan patokan umum dan tradisi digantikan dengan prosedur tepat yang dikembangkan melalui studi  saksama terhadap masing masing situasi (meningkatkan produktivitas).

·         Frank and Lilian Gilberth
Lebih tertarik pada aspek manusia dalam bekerja (gerak=keletihan).

·         Henry L. Gantt
Harus ada upah insentif / bonus untuk memacu pekerja (karyawan dan supervisor).

B.     Aliran Teori Organisasi Klasik

·         Henry Fayol
Ada 14 teori/prinsip umum manajemen yaitu pembagian tugas, wewenang, disiplin, kesatuan komando, persatuan pengarahan, kepentingan individual di bawah kepentinhan umum, imbalan, sentralisasi, hierarki, susunan, keadilan, stabilitas staf, inisiatif, semangat korps. Fungsi ini pada dasarnya memiliki banyak kemiripan dengan Taylor.

·         Max Weber
Birokrasi / akurat yaitu suatu organisasi yang baku / formal yang mempunyai struktur formal dan struktur hierarkis yang disyahkan juga merujuk pada proses struktur formal di dalam sebuah organisasi.

C.      Aliran Perilaku

·         Marry parker Follet
Pendekatannya terhadap kepemimpinan menekankan pentingnya orang, dan bukan teknik rekayasa. Merujuk pada tingkah laku para pekerja (humanism).  Ia pelopor bahwa manusia tidak bisa bekerja sendiri(social).

·         Chesterd I Bernard
Untuk memenuhi tujuan organisasi harus berkumpul bersama agar tercapai pasti sasaran organisasi tercapai, dan jika sasaran organisasi tercapai, tujuan individupun tercapai.

·         Elthon Mayo (studi Hawthorne)
Human relation “hubungan manusia” bagaimana maajer berinteraksi dengan karyawan lain atau karyawan baru kesejahteraan perusahaan akan meningkatkan prduktivitas.

D.     Aliran Ilmu Manajemen Kuantitatif

(Awal Perang Dunia II) . Aliran ilmu manajemen adalah pendekatan masalah manajemen dengan penggunaan teknik matematik untuk membuat model menganalisis dan menyelesaikannya penuh dengan strategi.


E.      Pendekatan Sistem
Adalah pandangan bahwa organisasi sebagai system yang dipersatukan dan diarahkan dari bagian bagian yang saling berkaitan.

F.      Pendekatan Kontingensi
Adalah pandangan bahwa teknik manajemen yang paling baik memberikan kontribusi untuk pencapain sasaran organisasi yang mungkin bervariasi dalam situasi atau lingkungan yang berbeda.


0 comments:

Post a Comment