Tuesday, May 1, 2012

MENGENAL ORGANISASI DAN MANAJEMEN



A.     Organisasi, manajemen, dan manajer

Organisasi
                Adalah suatu wadah yang terdiri dari satu orang atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama dan di dalamnya tersusun secara terstruktur. Organisasi terdiri dari dua;
a.       Organisasi Formal
Yaitu biasanya organisasi tersebut berjangka panjang, berbadan hukum dan mempunyai struktur yang kompleks.
b.      Organisasi Informal
Yaitu biasanya organisasi ini berjangka pendek, tidak berbadan hokum dan mempunyai struktur organisasi yang sederhana.

Manajemen
            Adalah suatu proses kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengarahkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Di dalam ilmu manajemen ada istilah yaitu POAC yaitu planning, organizing, actuating, controlling.
·         Planning yaitu proses menetapkan sasaran dan tindakan untuk mencapai tujuan.
·         Organizing yaitu proses menentukan apa yang perlu dilaksanakan bagaimana cara melaksanakan dan siapa yang melaksanakan.
·         Actuating yaitu proses melaksanakan berdasarkan perencanaan dan pengorganisasian yang telah ditetapkan.
·         Controlling yaitu proses untuk memastikan aktivitas yang sebenarnya sesuai yang direncanakan atau mengevaluasi pelaksanaan yang sudah dibuat.
Orang yang melakukan menejemen disebut manajer. Biasanya tingkatan manajer dibagi menjadi 3 tingkatan;
a.       Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan kegiatan dan kebijaksanaan organisasi, contoh: direktur utama
b.      Manajer menengah memberikan pengaruh kegiatan melaksanakan kebijakan organisasi yang telah digariskan manajer puncak dan mengarahkannya ke manajer tinkat rendah, contoh: supervisor
c.       Manajer rendah melakukan pekerjaan yang telah digariskan manajer puncak dan mengarahkan karyawan, contoh: mandor
Ketrampilan manajer ada konseptual, hubungan manusiawi, dan teknis. Ketiga ketrampilan ini harus dimiliki oleh seorang manajer walaupun manajer tidak harus menguasai dengan matang ketiga konsep ini.
·         Konseptual yaitu ketrampilan menajer membuat perencanaan, ide, gagasan strategi, dan mengkoordinasi semua kegiatan yang dilaksanakan organisasi. Ketrampilan ini harus dikuasai oleh manajer puncak karena semua keputusan ada di tangan manajer puncak.
·         Hubungan manusiawi yaitu ketrampilan manajer untuk bekerja sama dengan orang lain, memotivasi baik perorangan maupun kelompok di dalam dan di luar organisasi. Ketrampilan ini banyak dipegang oleh manajer menengah karena ia yang menjembatani antara manajer puncak dan manajer rendah.
·         Teknis yaitu ketrampilan manajer mencakup pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu. Ketrampilan ini biasanya ada pada manajer rendah karena mereka lebih banyak praktek lapangan yang mengarahkan karyawan.

0 comments:

Post a Comment