Friday, May 4, 2012

Secret of a Master Networker

Secret of a Master Networker ini sebenernya buku. Penulisnya Jeffrey W. Meshel. Buku ini merupakan panduan hebat tentang networking yang efektif. Dia berharap buku ini dapat memberi lebih banyak pengetahuan dan membuat Orang lebih fektif. Dia dan saya pun berharap bisa menunjukkan pada Anda bahwa Networking dapat mempekaya karier, bisnis, dan hubungan sehari-hari. Tapi saya mau berbagi point-point saja yang terdapat dalam buku ini. Ada 35 strategi membangun relasi bisnis dan hubungan sehari-hari.
#1. Apa yang Anda tahu akan bermanfaat bagi Orang yang Anda kenal. Apa yang Anda tahu akan mempengaruhii keberuntungan yang akan Anda dapatkan.

#2. Buatlah agar orag yang Anda ajak bicara merasa dirinya adalah orang terpenting yang pernah Anda temui ( tentu saja ini relatif ).

#3. Pada setiap tahapan baru dalam hidup kita, kita bukan saja "lulus dari", melainkan "lulus untuk".

#4. Penilaian bagus datang dari pengalaman. Pengalaman datang sebagai hasil dari penilaian buruk.

#5. Satu hal yang Anda bawa sampai liang kubur adalah reputasi. Jagalah reputasi Anda bagaikan sesuatu yang sangan Anda sayangi.

#6. Imbalan yang bisa segera diterima memang nikmat, tetapi jangan beranggapan bahwa imbalan seperti ini adalah satu-satunya jenis imbalan yang harus Anda kejar. Konsentrasikan diri Anda pada rencana Jangka Panjang. Taburlah benih-benih , dan benih-benih itu akan membawakan hasil.

#7. Bagikan keuntungan dan peluang meskipun tidak terkait dengan pekerjaan Anda. Kolega Anda akan menghargainya, dan kesetiaan mereka pada Anda akan tumbuh.

#8. Bangunlah! Sadari apa yang Anda lakukan dan tidak Anda lakukan serta dampaknya terhadap pihak lain.

#9. Leo Durocher, manajer bisbol legendaris pernah mengatakan, "Orang baik akan berhenti paling akhir." Ia salah, yang benar adalah "Orang baik berhenti paling awal"

#10. Persepsi bisa salah, tetapi bukan itu masalahnya. Persepsi adalah suatu realitas.

#11. Berusahalah membuat diri Anda jadi lebih baik setiap hari.

#12. Sifat pemalu mungkin sudah jadi karakter, tetapi sifat ini bisa dihilangkan. Jika Anda seorang pemalu, upayakan Anda dapat mengatasinya.

#13. Jangan mengubah jati diri, tetapi ubahlah cara berpikir Anda.

#14. Posisi Anda harus selalu di depan Orang yang sedang Anda tawari produk. Tataplah mata mereka dan ambil alih kendali.

#15. Setelah Anda membuka pintu peluang, cobalah menjaga pintu itu tetap terbuka. Jika Anda melihat celah, itulah saat yang tepat untuk melancarkan serangan.

#16. Yang penting adalah siapa yang Anda kenal. Akan tetapi yang lebih penting adalah "Apa yang Anda tahu tentang Siapa yang Anda kenal."

#17. Tindak lanjuti- dan terus tindak lanjuti-setelah selesi acara.

#18. Susunlah sebuah acara, maka Anda akan menciptakan banyak peluang. Acara itu harus berada di bidang yang benar-benar Anda kuasai. Acara itu bisa berupa makan siang, seminar wirausaha di masa transisi, makan malam pribadi dengan klien, acara amal yang Anda buat dan/ atau Anda pandu.

#20. Kelompok memiliki kekuatan. Bahkan networker terbaikpun dapat mengambil keuntungan dari bergabung dalam kelompok network.

#22. "Pilihlah" anggota kelompok yang sedang mengalami kemerosotan sementara. Semua anggota kelompok akan diuntungkan oleh kebangkitannya kembali.

#23. "Berpikirlah" mengenai "Kita" bukan mengenai "Saya".

#24. Jangan ragu-ragu memperkenalkan dua orang yang kelihatannya memiliki sinergi. Jika Anda merasakan sesuatu yang positif, silahkan lanjutkan. Pebisnis yang baik akan melakukan seleksi atas kredibilitas masing-masing.

#25. Miliki kelompok Anda seperti Anda memiliki bisnis Anda. Pupuklah, maka kelompok itu akan menjadi aset yang tak ternilai yang akan melipatgandakan peluang.

#26. Ciptakan peluang dengan menyelasaikan masalah, memanfaatkan tujuan itu, dan menyusun strategi yang akan membuat Anda menjadi magnet.

#27. Kalau Anda mampu, cobalah terbang dengan tiket pesawat kelas satu. Anda tidak akan pernah menduga siapa yang akan duduk di sebelah Anda.

#28. Pikirkan hal besar!

#29. Semakin sedikit semakin baik, teruslah menurangi orang yang berada dalam Database Anda.

#30. Hingga tingkat yang dapat Anda terima, satukan kehiduapan bisnis Anda dengan kehidupan pribadi.

#31. Miliki hobi, dan jadilah pakar dalam satu bidang tertentu.

#32. Manfaatkan waktu Anda secara efisien. Bersikap baiklah pada semua orang, tetapi sediakan waktu anda untuk beberapa orang saja.

#33. Penutupan transaksi bukanlah peristiwa besar, melainkan serangkaian peristiwa kecil.

#34. Anda harus lebih sering keluar rumah. Pandangan tentang dunia, yang Anda dapatkan dari balik meja, adalah pandangan yang sempit.

#35. Jagalah keseimbangan, kepuasan adalah kesuksesan.

0 comments:

Post a Comment