Thursday, May 31, 2012

Nobel adalah



Gara gara pelajaran perekonomian Indonesia ngomongin nobel, nah gue sendiri masih kurang ngert nobel itu apa. Kita pasti sering mendengar istilah Hadiah Nobel atau Penghargaan Nobel. Ya, Nobel adalah hadiah atau penghargaan untuk para tokoh dunia yang berjasa di bidang fisika, kimia, fisiologi dan kedokteran, serta sastra dan perdamaian. Asal-muasal penghargaan ini adalah atas prakarsa atau tepatnya wasiat seorang tokoh bernama Alfred Nobel. Ketika Nobel meninggal dunia dan meninggalkan harta yang banyak, ia berwasiat agar kekayaannya digunakan untuk orang yang berjasa bagi kebaikan umat. Pelaksana wasiatnya adalah dua insinyur muda, Ragnar Sohlman dan Rudolf Lilljequist, yang mendirikan Yayasan Nobel untuk mengelola aset-aset kekayaan Nobel.

Sikap Nobel mewakafkan semua hartanya demi perkembangan ilmu pengetahuan dunia didorong oleh rasa penyesalannya. Sebab, dinamit temuannya justru banyak disalahgunakan manusia untuk memusnahkan sesama manusia. Padahal Nobel menciptakan dinamit bukan dengan maksud dan tujuan seperti itu. Alfred Nobel lahir di Stockholm, Swedia, 21 Oktober 1833. Sejak kecil ia sudah terbiasa bekerja keras dan gemar menimba ilmu. Minat utama Nobel adalah di bidang sastra, kimia, dan fisika. Oleh ayahnya, Nobel pernah dikirim ke luar negeri untuk belajar kimia. Selama dua tahun Nobel mengunjungi Swedia, Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat. Di Paris ia bekerja di laboratorium kimiawan Prancis terkenal, Profesor T.J. Pelouze. Di sini ia bertemu kimiawan Italia yang tiga tahun lebih dahulu menemukan nitrogliserin, yakni cairan bahan peledak berdaya ledak tinggi.

Pada tahun 1863, Nobel berkonsentrasi pada pengembangan nitrogliserin sebagai bahan peledak. Namun justru bahan peledak inilah yang merenggut nyawa adiknya, Emil dan beberapa pekerja sehingga pemerintah melarang percobaan ini di Kota Stockholm. Nobel pindah ke Danau Malaren, dan memulai produksi massal pada 1864. Pada 1867, Nobel mematenkan penemuannya dengan nama dinamit. Ia juga mengembangkan sumbu ledak yang dapat dinva-lakan dengan api. Usaha ini berkembang pesat. Ekspor nitrogliserin sampai ke seluruh Eropa, Amerika, dan Australia. la mendirikan pabrik dan laboratorium di 90 tempat di lebih dari 20 negara. Ia pun banyak mendapat pujian dan penghargaan. Atas prestasinya itu, tahun 1893, Nobel mendapat gelar kehormatan Profesor Filsafat dari sebuah universitas di Swedia.

Selain sebagai penemu dan pengusaha dinamit, Nobel juga dikenal sebagai sosok yang gemar menulis puisi, cerpen, dan drama. Ia pun sering kali disebut sebagai sastrawan. Nobel tak beristri hingga kematiannya pada 10 Desember 1896 di San Reno, Italia. la meninggalkan harta yang banyak, dan dalam surat wasiatnya disebutkan bahwa simpanannya digunakan untuk memberi penghargaan dalam pencapaian fisika, kimia, fisiologi, dan kedokteran, serta sastra dan perdamaian. Penghargaan itulah yang kita kenal sekarang sebagai Penghargaan Nobel.

Penghargaan nobel dapat diberikan kepada siapa saja, baik perorangan maupun organisasi yang dianggap meberikan sumbangan besar dibidang sains maupun social, yaitu bidang Kimia, Ekonomi, Sastra, Medis, Fisika, dan Perdamaian. Sumbangannya bisa berupa hasil riset, penemuan inovatif, atau kegiatan kemanusiaan. Penghargan ini diberikan pada bidang-bidang praktikal, bukan teoritikal, sehingga matematika tidak dimasukan sebagai bidang ilmu yang layak menerima Nobel. Penghargaan Nobel bisa dibilang juga sebagai status tertinggi para tokoh dunia.

Lahir dari keinginan penemu besar dinamit, Alfred Nobel (1833-1896). Dilatari penyesalan gara-gara dinamit penemuannya dipakai untuk senjata pemusnah. Menjelang ajal, kekayaannya dipakai untuk sebuah institusi yang bisa memacu terciptanya temuan serta ide gemilang yagn bermanfaat bagi dunia. Lalu didirikanna Nobel Foundation pada tahun 1901 dan diresmikan dengna memberikan penghargaan Nobel pertama kepada 6 orang tokoh.

Tiap tahun, acara pemberian Nobel ini digelar pada tangal 10 December yang bertepatan dengan tanggal wafatnya Alfred Nobel. Acara pemberian Nobel ini digelar di Stockholme Concert Hall, Swedia. Untuk penghargaan dibidang perdamaian, acara pemberian digelar di Oslo City Hall, Norwegia.

Pemilihan peraih Nobel tidak gampang, untuk menentukan siapa yang berhak meraih Nobel melibatkan 3000 orang. Orang-orang tersebut berasal dari Lembaga Pemerintahan, Mahkamah Internasional, para Rektor, para Guru Besar, lembaga-lembaga penelitian, penerima-penerima Nobel sebelumnya, dan anggota dari Nobel Foundation di seluruh dunia. Proses ini memakan waktu setahun.

Paket penghargaan Nobel diantaranya berupa medali emas, diploma, serta uang senilai 1,3 juta USDollar.

Setiap tanggal 10 Desember Stockholm menjadi perhatian dunia. Di kota yang dingin tersebut, puluhan ilmuwan kelas dunia berkumpul untuk menyaksikan pemberian hadiah Nobel kepada para ilmuwan yang dinggap telah berjasa memberikan kontribusi penting dalam perkembangan sains. Setiap penerima hadiah Nobel tidak hanya mendapat imbalan finansial yang besar, tetapi juga tercatat namanya dalam sejarah dunia sains. Tidak heran jika para ilmuwan dunia berlomba-lomba agar dapat masuk dalam catatan sejarah bergengsi tersebut. Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1901, Nobel telah menjadi ajang kompetisi sains yang keras dan tidak jarang penuh intrik.


Nobel memang menggiurkan karena memberi nama harum tidak hanya bagi penerimanya, tapi juga bagi negara asal pemenang hadiah tersebut. Telah lama para ilmuwan Indonesia memimpikan munculnya pemenang Nobel asal Indonesia. Perguruan tinggi seperti ITB secara diam-diam memiliki ambisi untuk melahirkan pemenang Nobel.

Upaya untuk mendapatkan Nobel juga dilakukan beberapa ilmuwan tanah air lewat berbagai cara. Bahkan ada yang mentargetkan hadiah Nobel pada tahun 2020. Dengan mengikuti berbagai olimpiade sains, mereka mengharapkan akan muncul bibit-bibit unggul ilmuwan Indonesia yang berkiprah dalam tingkat dunia.

Ambisi untuk mendapatkan hadiah Nobel didasarkan pada asumsi sekaligus harapan bahwa pemberian Nobel bagi ilmuwan Indonesia akan berdampak pada perkembangan sains di tanah air. Pandangan ini menurut saya salah kaprah. Nobel bukanlah sebab, melainkan akibat. Berhasilnya seorang ilmuwan mendapatkan Nobel adalah hasil dari bekerjanya institusi sains di mana ilmuwan itu berada.

Nobel bukan penghargaan yang diberikan seperti lomba balap karung. Artinya yang dinilai bukanlah karya yang dihasilkan semalam suntuk, melainkan melalui proses evaluasi atas seluruh hasil kerja sang ilmuwan dan dampaknya terhadap bidang yang digelutinya. Tidak heran jika penerima Nobel pada umumnya ilmuwan yang telah berkecimpung pada satu bidang tertentu selama puluhan tahun.

Dengan kata lain, karya yang berkualitas Nobel sangat tergantung pada proses berkarya sang ilmuwan. Di sini dapat dilihat bahwa sistem atau institusi sains di mana ilmuwan itu berada sangat berpengaruh dalam menentukan apakah seseorang ilmuwan mampu menghasilkan karya berkualitas Nobel atau tidak.

Mentargetkan hadiah Nobel memang tidak salah. Tetapi mungkin ini kedengaran sedikit lucu karena Amerika Serikat yang merupakan negara penerima hadiah Nobel terbanyak tidak pernah membuat target semacam itu. Bahkan perguruan tinggi ternama seperti MIT, Harvard, maupun Caltech tidak memiliki program khusus mendapatkan Nobel. Mereka banyak memiliki professor penerima Nobel karena sistem insentif dan kondisi yang kondusif yang dinikmati para peneliti di situ. Tidak jarang ilmuwan penerima Nobel justru tadinya bekerja di perguruan tinggi lain lalu pindah (tepatnya dibajak) ke salah satu perguruan tinggi ternama tersebut.

Siapapun akan bangga jika seorang ilmuwan Indonesia berhasil mendapatkan hadiah bergengsi tersebut. Tetapi ambisi mendapatkan hadiah Nobel hanya membelokkan kita dari realitas di mana yang perlu dibenahi terlebih dahulu adalah institusi sains itu sendiri. Sejenius apapun seorang ilmuwan jika dia berada pada sistem yang tidak kondusif maka Nobel hanyalah sebuah impian.

Karena itu akan jauh lebih penting jika perhatian terhadap sains di tanah air difokuskan tidak pada ambisi prestisius tetapi pada persoalan bagaimana institusi sains kita dapat bekerja baik dan memberikan kontribusi langsung bagi masyarakat.

Berbagai permasalahan ekonomi, sosial, dan kesehatan yang dihadapi Indonesia saat ini membutuhkan perhatian serius dari para ilmuwan kita. Dibutuhkan kesadaran para ilmuwan kita untuk mau berpikir secara pragmatis agar institusi sains kita mampu memberikan manfaat langsung bagi masyarakat luas. Bisa jadi inilah jalan yang paling tepat bagi ilmuwan Indonesia menuju Stockholm.


Sunday, May 27, 2012

Belajar Prewed :p

Berhubung kakak gue mau nikah, dan yang mau motoin ada acara lain, nah gue yang diberi kepercaaan untuk menggantikan fotografer aslinya :p haha.
Karena kakak gue mau fotonya di jalan kereta api, ya kita harus cari rel kereta api yang mati alias udah ga aktif   atau ga dilewatin kereta api lagi. Pas banget deket rumah sodara gue di Cibinong ada jalan rel kereta api mati.
Pas kesana serem juga sih tempatnya, kenapa kata gue serem? karena itu jembatan rel kereta api, bawahnya sungai, sawah gitu, tinggi banget, ngeri juga, trus ga ada pegangan ato apalah.
berikut hasil jepretan gue :








masih perlu banyak belajar lagi lah, pengen banget belajar trus biar tambah keren lalagi fotonya :D

Saturday, May 26, 2012

Waroeng Steak and Shake Margonda

Siang siang laper makan ah, makan apa ya yang enak? Lagi pengen steak ni, tapi budget mepet ya yang paling pas adalah Waroeng Steak and Shake atau biasa dibilangnya WS. Karena deket ama kampus yauda mampir aja di salah satu cabangnya yang di Margonda Depok, yaitu di Jalan Margonda Raya No 326, Depok, Jawa Barat.
Kalo dari arah Pasar Minggu, lurus terus lewatin Margo City, lampu merah, trus di sebelah kanan adanya. Jadi setelah lampu merah ada puteran pertama, muter disitu, ga jauh dari puteran ada Waroeng Steak and Shake.
Halaman parkirnya cukup luas ya, ada 2 bisa di depan sama di belakang.

ini parkiran motor samping

Pas masuk ke dalem, juga lumayan besar tempatnya ada dua lantai, lantai 1 dan 2, biasanya kalo di bawah belum penuh, ga boleh naik ke lantai atas. Ada musholanya juga di lantai atas, jadi bisa solat kalo mau solat :).


Kenapa gue bilang disini murah? karena emang bener sesuai budget mahasiswa lah hehe :p.  Harga steaknya berkisar Rp 11.000 - Rp 28.500, dan kalau soal rasa, ya lumayan lah enak bikin perut kenyang hihi :p


Harga minumnya pun ga kalah murahn ya ya, paling kita bawa duit Rp 20.000 bisa nyobain steak yang murah dan lumayan enak :9


ini es jeruk ama cappucino float :)

Oya Waroeng Steak ini buka dari jam 12.00-22.00 WIB tiap harinya, tapi kalo hari jumat jam !3.00 WIB bukanya. Kalo penasaran cobain aja deh :)





Tuesday, May 22, 2012

This is my hoby

Ga tau kenapa dari dulu waktu SMA demen banget moto moto. Moto apa aja apalagi candid terutama, mulai dari situ tertarik, trus di hp gue yg dulu lumayan ada auto focusnya jadi pas moto tiba tiba jadi keren aja suka. Tambah tertarik lagi punya temen temen yang narsis, cantik cantik kan ya, jadi gue mulai belajar aja motoin mereka. Menurut gue masih amatir ini ya, cuma karena mereka seneng, jadi gue ikut seneng :)
Ni hasil foto foto gue 








Foto-foto diatas gue ambil di salah satu pulau di kepulauan seribu, dan gue namakan pulau diah ayu astrini haha :p bohong deng, itu diambil di pulau payung .

Ada beberapa lagi foto via hp gue yang dulu :











Kalo yang ini semuanya real ambil dari hp, masih amatir sih, cuma masih pengen belajar terus, biar jadi fotografer yang handal :) aamiin .
Semoga duit tabungan cepet ke kumpul buat beli kamera, trus bisa cari duit deh lewat hobi gue yang satu ini :) aamiin :)

Monday, May 21, 2012

Ayah

Di malem yang numpuk dengan tugas, tiba tiba keinget ama bokap gue yang cape banting tulang demi gue. Kadang gue males kuliah, cape gitu tapi tiba tiba gue harus inget bokap, yang setiap hari dari senin-jumat cari duit keliling dari kantor ke kantor dari lantai satu sampai lantai entahlah berapa. Yang berat berat bawa bahan di pundaknya, cuma demi anak anaknya bisa makan, bisa beli ini itu, bisa kuliah, bisa buat apa aja yang bisa dia kasih ke gue. Kadang liat bokap kayaknya udah cape gitu dagang, kadang bengong mungkin mikirin kali besok  dagang kemana lagi biar dapet duit, atau duit semesteran gue masih kurang, entah apa yang dipikirin yang pasti gue tau, yang dipikirin adalah bagaimana bikin keluarganya adalah cukup untuk makan esok hari. Ini ada lagunya Ebiet G Ade yang bikin gue nangis mulu kalo denger ini . Judulnya titip rindu buat Ayah.

Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa
Benturan dan hempasan terpahat di keningmu
Kau nampak tua dan lelah, keringat mengucur deras
namun kau tetap tabah hm...
Meski nafasmu kadang tersengal
memikul beban yang makin sarat
kau tetap bertahan

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari
kini kurus dan terbungkuk hm...
Namun semangat tak pernah pudar
meski langkahmu kadang gemetar
kau tetap setia

Ayah, dalam hening sepi kurindu
untuk menuai padi milik kita
Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan
Anakmu sekarang banyak menanggung beban

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari
kini kurus dan terbungkuk hm...
Namun semangat tak pernah pudar
meski langkahmu kadang gemetar
kau tetap setia


Gue bangga punya bapak kaya dia, bisa nyekolahin kakak gue ika andriani lulus S1, dan gue juga bangga punya kakak yang kerja keras kuliah sampe bisa ke Jepang jadi Duta Bangsa wakil Indonesia, gue tau itu cuma buat bahagiain mama bapak. Sabar ya ma, pak, Ayu dalam proses menuju kesana, doain Ayu semoga bisa selalu bahagiain mama bapak . Semoga semuanya diizinin sama Allah SWT untuk selalu bahagian mama bapak, semoga Allah selalu memberi kita semua kesehatan, Rezeki yang halal, keslamatan kesejahteraan bagi keluarga kita . aamiin :)


Steak Abuba Gajah Mada

Di jumat siang yang mendung mendung bikin mager aja, tanggal 18 mei 2012, masih ga jelas mau jalan apa kaga. Ditelp ama si onel, lagi enak enaknya tidur siang, yang katanya udah dijalan mau ke rumah. Tersentak langsung bangun, mandi, rapi rapi. Sekitar jam setengah 2 an jalan. ini kan long weekend ya Jakarta tetep aja macet banget. Tujuan pertama adalah ke sarinah, benerin kartu indosat papanya onel. Mana laper ya pas dapet nomer adalah 163 dan sekarang baru nomer 130. Oh My God ini masih lama banget, sekitar nunggu 2 jam baru lah kelar dengan selesai jam 4, perut laper parah belum makan dari pagi, gue muka asemin aja tuh si onel. Dengan menyadari muka gue yang udah cemberut aja, si onel langsung ngajak gue makan es krim ragusa emmm yummy, muka gue yang tadinya asem kaya mangga masih mentah, berubah menjadi muka manis kucing yang miaw miaw haha. Nyampe tempat es krim ragusa, bener kan perkiraan gue adalah penuh dan ga ada tempat duduk, yauda deh gue minta take away daripada nunggu lama. Yauda deh, selese beli, bingung lah mau makan Steak Abuba ni ceritanya, cuam bingung mau makan di cipete, apa nyobain yang di Gajah Mada. Karena Ragusa itu deket ama Abuba yang di Gajah Mada, yauda deh di situ aja nyobain. Nyampe lah Abuba Gajah Mada yang terletak di Jl. Gajah Mada No. 149 A,B,D (Keagungan, TamanSari), Jakarta Barat DKI Jakarta. Nyampe sana perbedaan yang terlihat jelas adalah lahan parkirnya yang kecil beda sama yang di cipete, mungkin karena abuba di gajah mada ini kaya ruko ga kaya di cipete satu tempat yang besar. Tapi pas masuk kedalem, nyaman tempatnya, pelayanannya ramah, mungkin karena sepi jadi kaya tenang, adem aja. 




Dari Interior sama bagus nya .
Daftar Harga : 
United States
- Sirloin     85.0
- Ribs       85.0
- Rib Eye   95.0
- T-Bone  112.0

New Zealand
- Sirloin         52.0
- Tenderloin   75.0
- Rib Eye       65.0
- Lamb Chop  60.0
- T-Bone       78.0

Aust Wagyu
- Bolar Blade MB 8-9 85.0
- Sirloin MB 2-3        105.0
- Sirloin MB 6-7        190.0
- Sirloin MB 8-9        250.0
- Rib Eye MB 2-3     110.0
- Rib Eye MB 6-7     175.0
- Rib Eye MB 8-9     230.0

Others
- Grill Sausage 35.0
- Grill Chicken 40.0
- Boneless Chicken 40.0
- Salmon 55.0
- Kakap 40.0
- Fish Finger 40.0
- Grilled Meat Balls 13.0
- Emping 4.5
- Shrimp Crackers 4.0
- Crackers 1.0

Local
- Tenderloin 50.0
- T- Bone 50.0

Side Dishes
- French Fries 25.0
- Mix Vegetables 25.0
- Veg French Fries 25.0
- Steamed Rice 6.0

Berhubung di brosurnya ini ga ada harga minumnya, ya pokoknya ga mahal deh minumnya standard. 
Penasaran?
Cobain aja, Abuba Steak ada di beberapa cabang
1. Kelapa Gading
2. Cipete
3. Tebet
4. Menteng
5. Gajah Mada
6. Pluit
7. Gren Ville
8. Gading Serpong
9. Bintaro
10. Bandung

Friday, May 18, 2012

Ice Skate Taman Anggrek


Tanggal 9 Maret 2012 ga kepikiran banget buat main skate dadakan padahal udah janjian ama temen temen dari seminggu yang lalu pas udah tinggal H-1 enak banget pada bilang ga bisa. Yauda tanpa pikir panjang gue ke kampus aja karena mesti ada yang harus diselasaikan yaitu KRS yang masih berantakan.
Gue ke kampus sekitar jam 1an nyampe sana jam 2an demi KRS yang bikin gua bolak balik ke kampus demi 1 mata kuliah manajemen pemasaran yang bikin kesel berubah segamapang membalikkan telapak tangan.
Nyampe kampus hujan deres dan amp jam setengah 4 gue ga dicuekin juga, yauda gue bilang aja sama salah satu temen kampus gue yang daritadi sudah menunggu kepastian dari gue. Yauda gue bilang jadi aja sama temen gue yang bernama Nita Afrida.
Oke gue langsung menuju shelter busway yang di deket Pejaten Village ke arah Dukuh Atas untuk janjian di shelter Kuningan Barat. Sesampainya gue disana ternyata temen gue baru selesai mandi, ohmygod gue harus nunggu, yauda demi temen apa gitu yang engga. Gue maafkan haha :p
Jam menunjukkan pukul 4 kurang 10 gue udah nyampe, gue nunggu sampe temen gue yang juga lagi nunggu emaknya pulang ngaji karena tas beserta dompetnya ada emaknya
Yauda, gue ikhlaskan hiks hiks
akhirnya nyampe juga temen gue sekitar pukul 5an lah, trus  naek busway ke arah grogol yang cuma ampe slipi jadi nunggu lagi deh
Mana jam pulang kerja macet banget, dan kalo kearah Grogol atau Pluit itu kebanyakan ga punya jalur sendiri  jadi tambah macet banget. Gue turun di shelter Central Park kan samping sampingan ama Taman Anggrek jadi lumayan jalan dulu bentar deh.
Nyampe lah kita di Mall Taman Anggrek, gue bergegas langsung ke lantai III, takutnya udah tutup ternyata belum sih, Alhamdulillah :)
Langsung beli tiket seharga Rp 29.500,- karena dapet potongan menggunakan kartu mahasiswa, lumayan tau aja kantong tipis hihi. Kalo harga tiket asli kalo ga salah 40 ribuan ya, haha lupa banget ga terlalu merhatiin .Trus distu kita juga beli koin untuk loker seharga Rp 7.000,-. Abis itu masuk, trus menuju tempat ambil sepatunya, disitu ditanya nomer sepatunya abis itu dikasih deh sepatunya langsung pake baru menuju tempat loker naro barang barang . Baru maen beberapa menit kayaknya harus disuruh keluar soalnya ada pelapisan es, sekitar setengah jam-an menunggu dilapisin es. Baru di buka kembali, padahal pukul sudah menunjukkan jarum jam 8.30 pm dan tiket normal itu untuk 2 jam yah kan berarti sisa 1 jam untuk main main disana, kalo lebih dari 2 jam kena charge tambahan deh kayaknya ya kayaknya huhuhu. Yauda main deh kita walaupun jatoh jatoh ya itu lucunya kaya orang baru bisa jalan hahaha





Ampe kaki keram pegel celana basah karena jatoh mulu, yauda ah cape jam setengah sembilan kurang kita memutuskan untuk keluar dari arena sky rink .
Cari makan sambil ngobrol ga terasa udah jam 10 pm aja yauda kita langsung bergegas pulang takut ga ada busway dan nyampe rumah setengah 12, haaaaa hari yang melelahkan tapi terima kasih my friend Nita Afrida :) kapan kapan main lagi ya

macaroni panggang bogor

Sebenernya ga ada niat buat dateng kemari. Gue ke Bogor karena diajak temen gue si Alvi Chairia bersama boyfriendnya nonton di Box Office di Bogor. Gue jalan sama Arli Novia, Diah Bevadder, Yanti Tya Dewi, Dorry Lesmana *baelah lengkap banget gue ya manggilnya. Setelah nonton, bingung mau makan apa si Alvi ngajak yang khas kota Bogor, usulah gue ke tempat ini. Soalnya gue juga belum pernah kemari. 



Di sampinya MP ada Lasagna Gulung, trus di deketnya ada Rumah Cupcakes. Ke sana gampang ko kalo keluar tol bogor Baranang Siang kita belok ke Kanan, lurus terus ampe ketemu 3 lampu merah, kita belok deh ke kiri, ada plangnya Macaroni Panggang kurang lebih 500 meter ga jauh dari situ. Lebih tepatnya si di Jalan Salak 24, Bogor Sesampainya disana ga kaget si ama tempatnya yang kaya bangunan kuno gitu soalnya udah pernah liat . Tempatnya adem, bagus, lumayan besar lah . Kita langsung bergegas karena kelaperan ni udah jam makan siang. Disana kita mesen Macaroni Panggang *namanya juga mau nyobain. Kita pesen yang ukuran medium * katanya sih untuk ukuran 3-4 orang, karena kita ber-7 kita pesen dua medium. Minumnya nyobain coklat dingin, cappuccino dingin, ama lemon tea. Harganya sih lumayan kalo kata gue si Maccaroni Panggang yang small Rp 18.000, Medium Rp 53.000, Large Rp 110.000 itu untuk mp yang biasa kalo yang special beda lagi yang gue inget cuma mp special large adalah Rp172.000 kalo gasalah, sekitar segituan lah pokoknya. Minumnya lemon tea Rp 11.000, Coklat dan Cappuccino Dingin Rp 16.000. Dateng deh pesenan kita kita MP medium.



Gue cobain ni ya dan taraaaaa rasanya kalo kata gue biasa aja, karena pernah bikin sendiri. Gatau sih kalo kata temen gue gimana. Waktu kemarin gue kesana rame banget, apa mungkin ini selalu rame kali ya gue gatau. 
Setelah cape ngobral ngobrol ketawa ketiwi kekenyangan, pulang deh ke rumah masing masing :p



Saturday, May 5, 2012

Puding Zebra




Satu lagi resep puding yang patut anda coba dan rasakan, yaitu puding zebra. Dikatakan puding zebra karena belang-belangnya mirip dengan zebra. Cara membuat cukup mudah dan rasanya tidak kalah jauh nikmat dengan puding sebelumnya seperti puding roti keju dan sebagainya. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan:
- Telur ayam 6 butir
- Gula pasir 300 gram 
- Vanila 1/4 sendok teh
- Tepung terigu 80 gram 
- Margarin 50 gram dilelehkan 
- Air 300 ml  
- Susu kental manis 250 ml  
- Agar-agar warna putih 2 bungkus 
- Cokelat bubuk 50 gram, dilarutkan dengan sedikit air panas


Cara Membuatnya:
Basahi loyang dengan air, loyangnya berukuran bulat berdiameter 18 cm.
Susu kental manis, air, agar-agar, dicampur dan aduk rata, kemudian masak di atas api kecil sampai mendidih. Sisihkan. 
Telur dikocok bersama gula, vanila hingga mengembang dan kental, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan margarin cair, aduk rata. 
Agar-agar yang telah dimasak dituangkan ke dalam adonan telur, kocok perlahan hingga tercampur rata. Adonan dibagi menjadi 2 bagian, sebagian campur dengan cokelat, aduk rata, yang sebagian lagi biarkan berwarna kuning.
Tuangkan 100 ml adonan kuning pada bagian tengah loyang, tuangkan kembali 50 ml adonan cokelat di atas adonan kuning. Lakukan terus secara bergantian hingga kedua adonan habis. Dinginkan hingga puding beku. Dan siap untuk disajikan.

Etika dan Tanggung Jawab Sosial


    ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
A.      Pengertian
Etika
adalah studi mengenai hak hak dan mengenai siapa yang diuntungkan/dirugikan oleh suatu tindakan. Tindakan yang benar / salah berdasarkan peraturan dan prinsip.

Tanggung jawab social
Adalah kewajiban perusahaan bisnis di luar yang dituntut oleh hokum dan pertimbangan ekonomi untuk mengejar berbagai sasaran jangka panjan yang baik bagi masyarakat.

Etika prinsip yang diterapkan untuk ;
a.       Stakeholder ;
1.      Pemilik
2.      Karyawan
3.      Pemasok
4.      Pelanggan
5.      Kreditur
b.      Masyarakat luas

Etika bisnis dan                     keputusan                  pendapatan                nilai

Tanggung jawab social         bisnis                          perusahaan                perusahaan

Keputusan tidak etis timbul jika pengambil keputusan membuatnya untuk kepentingan bisnis.

Unsur unsur etika ;
1.      Nilai nilai
2.      Hak dan kewajiban
3.      Peraturan moral
4.      Moralitas umum

Faktor faktor yang mempengaruhi etika ;



1.      Tahap perkembangan moral
2.      Karakteristik individu
3.      Variable structural
4.      Budaya organisasi
5.      Intensitas masalah




Tanggung jawab social
Pandangan klasik
            Satu satunya tanggung jawab social manajemen adalah maksimal laba
Pandangan social ekonomi
            Bukan sekedar menghasilkan laba tetapi juga mencakup, melindungi dan meningkatkan kesejahteraan social.

Argument yang mendukung tanggung jawab social
1.      Harapan harapan masyarakat
2.      Laba jangka panjang
3.      Kewajiban
4.      Untuk meningkatkan citra di masyarakat
5.      Lingkungan kerja menjadi lebih baik
6.      Keseimbangan tanggung jawab dan kekuasaan
7.      Menghambat peraturan pemerintah
8.      Kepentingan pemegang saham
9.      Kepemilikan

Argument yang menentang tanggung jawab social
1.      Menghalangi maksimalisasi
2.      Melunturkan maksud perusahaan yaitu produktivitas ekonomi
3.      Biaya biaya social yang akhirnya menjadi beban masyarakat
4.      Perusahaan terlampau banyak kekuasaan
5.      Perusahaan kurang terampil menangani masalah social
6.      Kurangnya pertanggungjawaban
7.      Masyarakat tidak mendukung perusahaan menangani masalah social

Manajemen berbasis nilai
            Merupakan pendekatan terhadaap pengorbanan dimana para manajer menetapkan, memajukan dan   memmmpraktekkan nilai bersama sebuah organisasi.

Nilai bersama > membentuk budaya organisasi > perilaku organisasi


Bentuk dari manajer berbasis nilai adalah CSR
Contoh tanggung jawab social perusahaan kepada ;
1.      Pelanggan : ada expired data, tanda halal, no. BPOM, bahan bahan yang dibuat.
2.      Karyawan : asuransi, baju, diperlakukan baik antar karyawan
3.      Kreditur : membayar tepat waktu
4.      Pemasok : mengirimkan sejumlah uang yang sesuai dengan barang
5.      Pemegang saham : memberikan laporan keuangan yang transparan

Lingkungan : menanggulangi limbah perusahaan

Mind Map Diah Ayu Astrini 103112340250015


Friday, May 4, 2012

Secret of a Master Networker

Secret of a Master Networker ini sebenernya buku. Penulisnya Jeffrey W. Meshel. Buku ini merupakan panduan hebat tentang networking yang efektif. Dia berharap buku ini dapat memberi lebih banyak pengetahuan dan membuat Orang lebih fektif. Dia dan saya pun berharap bisa menunjukkan pada Anda bahwa Networking dapat mempekaya karier, bisnis, dan hubungan sehari-hari. Tapi saya mau berbagi point-point saja yang terdapat dalam buku ini. Ada 35 strategi membangun relasi bisnis dan hubungan sehari-hari.
#1. Apa yang Anda tahu akan bermanfaat bagi Orang yang Anda kenal. Apa yang Anda tahu akan mempengaruhii keberuntungan yang akan Anda dapatkan.

#2. Buatlah agar orag yang Anda ajak bicara merasa dirinya adalah orang terpenting yang pernah Anda temui ( tentu saja ini relatif ).

#3. Pada setiap tahapan baru dalam hidup kita, kita bukan saja "lulus dari", melainkan "lulus untuk".

#4. Penilaian bagus datang dari pengalaman. Pengalaman datang sebagai hasil dari penilaian buruk.

#5. Satu hal yang Anda bawa sampai liang kubur adalah reputasi. Jagalah reputasi Anda bagaikan sesuatu yang sangan Anda sayangi.

#6. Imbalan yang bisa segera diterima memang nikmat, tetapi jangan beranggapan bahwa imbalan seperti ini adalah satu-satunya jenis imbalan yang harus Anda kejar. Konsentrasikan diri Anda pada rencana Jangka Panjang. Taburlah benih-benih , dan benih-benih itu akan membawakan hasil.

#7. Bagikan keuntungan dan peluang meskipun tidak terkait dengan pekerjaan Anda. Kolega Anda akan menghargainya, dan kesetiaan mereka pada Anda akan tumbuh.

#8. Bangunlah! Sadari apa yang Anda lakukan dan tidak Anda lakukan serta dampaknya terhadap pihak lain.

#9. Leo Durocher, manajer bisbol legendaris pernah mengatakan, "Orang baik akan berhenti paling akhir." Ia salah, yang benar adalah "Orang baik berhenti paling awal"

#10. Persepsi bisa salah, tetapi bukan itu masalahnya. Persepsi adalah suatu realitas.

#11. Berusahalah membuat diri Anda jadi lebih baik setiap hari.

#12. Sifat pemalu mungkin sudah jadi karakter, tetapi sifat ini bisa dihilangkan. Jika Anda seorang pemalu, upayakan Anda dapat mengatasinya.

#13. Jangan mengubah jati diri, tetapi ubahlah cara berpikir Anda.

#14. Posisi Anda harus selalu di depan Orang yang sedang Anda tawari produk. Tataplah mata mereka dan ambil alih kendali.

#15. Setelah Anda membuka pintu peluang, cobalah menjaga pintu itu tetap terbuka. Jika Anda melihat celah, itulah saat yang tepat untuk melancarkan serangan.

#16. Yang penting adalah siapa yang Anda kenal. Akan tetapi yang lebih penting adalah "Apa yang Anda tahu tentang Siapa yang Anda kenal."

#17. Tindak lanjuti- dan terus tindak lanjuti-setelah selesi acara.

#18. Susunlah sebuah acara, maka Anda akan menciptakan banyak peluang. Acara itu harus berada di bidang yang benar-benar Anda kuasai. Acara itu bisa berupa makan siang, seminar wirausaha di masa transisi, makan malam pribadi dengan klien, acara amal yang Anda buat dan/ atau Anda pandu.

#20. Kelompok memiliki kekuatan. Bahkan networker terbaikpun dapat mengambil keuntungan dari bergabung dalam kelompok network.

#22. "Pilihlah" anggota kelompok yang sedang mengalami kemerosotan sementara. Semua anggota kelompok akan diuntungkan oleh kebangkitannya kembali.

#23. "Berpikirlah" mengenai "Kita" bukan mengenai "Saya".

#24. Jangan ragu-ragu memperkenalkan dua orang yang kelihatannya memiliki sinergi. Jika Anda merasakan sesuatu yang positif, silahkan lanjutkan. Pebisnis yang baik akan melakukan seleksi atas kredibilitas masing-masing.

#25. Miliki kelompok Anda seperti Anda memiliki bisnis Anda. Pupuklah, maka kelompok itu akan menjadi aset yang tak ternilai yang akan melipatgandakan peluang.

#26. Ciptakan peluang dengan menyelasaikan masalah, memanfaatkan tujuan itu, dan menyusun strategi yang akan membuat Anda menjadi magnet.

#27. Kalau Anda mampu, cobalah terbang dengan tiket pesawat kelas satu. Anda tidak akan pernah menduga siapa yang akan duduk di sebelah Anda.

#28. Pikirkan hal besar!

#29. Semakin sedikit semakin baik, teruslah menurangi orang yang berada dalam Database Anda.

#30. Hingga tingkat yang dapat Anda terima, satukan kehiduapan bisnis Anda dengan kehidupan pribadi.

#31. Miliki hobi, dan jadilah pakar dalam satu bidang tertentu.

#32. Manfaatkan waktu Anda secara efisien. Bersikap baiklah pada semua orang, tetapi sediakan waktu anda untuk beberapa orang saja.

#33. Penutupan transaksi bukanlah peristiwa besar, melainkan serangkaian peristiwa kecil.

#34. Anda harus lebih sering keluar rumah. Pandangan tentang dunia, yang Anda dapatkan dari balik meja, adalah pandangan yang sempit.

#35. Jagalah keseimbangan, kepuasan adalah kesuksesan.

Tuesday, May 1, 2012

Budaya dan Multibudaya


A.     Budaya
Pengertian budaya
Adalah system makna dan keyakinan bersama yang dianut oleh para anggota organisasi yang menentukan sebagian besar, cara mereka bertindak satu terhadap yang lain dan terhadap orang luar. Budaya mewakili persepsi bersama yang dianut oleh para organisasi tersebut yang menentukan para anggotanya untuk berperilaku.

Penjabaran definisi budaya :
1.      Budaya adalah persepsi
Individu mempersepsikan budaya organisasi berdasarkan apa yang mereka lihat, dengar, atau alami di dalam organisasi.
2.      Budaya bersama
Walaupun terdiri dari orang-orang yang punya latar belakang berbeda namun menggambarkan pandangan yang sama.
3.      Budaya adalah diskriptif
Budaya menggambarkan sesuatu bukan menilai maksudnya, budaya itu adalah sesuatu tradisi atau kebiasaan yang harus dipahami bukan untuk dinilai.

Sumber Budaya:
  • ·         Adat istiadat
  • ·         Tradisi
  • ·         Yang sudah dilakukan sebelumnya

Cara membuat budaya yaitu para pendiri melakukan atau menetapkan visi dan misi.

Kebudayaan disampaikan kepada para karyawan dengan cara :
  • ·         Cerita
  • ·         Ritual
  • ·         Symbol
  • ·         Bahasa
7 dimensi budaya organisasi
·         Inovasi dan mengambil resiko
·         Perhatian pada detail
·         Orientasi hasil
·         Orientasi manusia
·         Orientasi tim
·         Agresivitas
·         Stabilitas 


B.     Multibudaya
Pengertian multibudaya
Adalah pandangan bahwa terdapat banyak latar belakang dan faktor budaya berbeda yang penting dalam organisasi. Harapan multibudaya bahwa orang dengan latar belakang bersama-sama serta berkembang dalam sebuah organisasi.
Multibudaya mengacu pada faktor :
  • ·         Etnik
  • ·         Ras jenis kelamin
  • ·         Kemampuan fisik
  • ·         Orientasi seksual
  • ·         Umur

Isu multibudaya :
  • ·         Isu glass celling syndrome
  • ·         Sexual harassment
  • ·         Stereotype



6 Argumen Multibudaya Taylor Cox
  • ·         Argument biaya
  • ·         Argument akusisi sumber daya
  • ·         Argument pemasaran
  • ·         Argument kreativitas
  • ·         Argument pemecahan masalah
  • ·         Argument fleksibelitas system



Bagaimana cara menanggulani isu multibudaya :
  • ·         Budaya organisasi
  • ·         Sisitem manajemen SDM
  • ·         Karir lebih tinggi yang melibatkan kaum wanita
  • ·         Heterogenitas dalam rasa tau etnik atau kebangsaan
  • ·         Masalah pendidikan
  • ·         Perbedaan budaya mengambil keuntungan dari peluang
  • ·         Pengaturan pikiran mengenai keanekaragaman.